Analisis Kebutuhan Sarana Dan prasarana di Kecamatan Selong Sebagai Pusat Pertumbuhan Di Kabupaten Lombok Timur

  • Muhammad Alwi Universitas Mataram
  • Ade Paranata Universitas Mataram
  • Putu Karismawan Universitas Mataram
Keywords: Kebutuhan Fasilitas Pendidikan dan kesehatan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengalisis kondisipada saat ini (2016) danuntuk memproyeksikebutuhanprasarana pendidikan, dan kesehatandi Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur sampai tahun 2022. Data yang digunakan adalahdatasekunder yang bersifat kuantitatif berupa dataprasaranapendidikan dan kesehatan serta data jumlah penduduk KecamatanSelong dari tahun 2010 sampai tahun 2016. Metode analisis yang digunakan untuk memproyeksi jumlah penduduk adalah dengan metode trend dan untuk menganalisiskebutuhan mengembangan penyediaanprasaranafasilitas pendidikandankesehatan berdasarkan atas standar pedoman perencanaan lingkungan permukiman kota dari Departemen Pekerjaan Umum Cipta Karya Tahun 1979 dan Standar Nasional Indonesia. Hasil penelitian menunjukanKondisi prasarana fasilitas pendidikan berdasarkan jumlah penduduk tahun 2016;pada tingkat TK belum mencukupi dan penyebarannya tidak merata, sedangkan tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Tingkat Sekolah menengah Atas dan sederajat sudah mencukupi.Kondisi Prasaran Sekolah Taman Kanak-kanak pada tahun 2022 perlu penambahan 66 unit Gedung sekolah TK dan Sekolah dasar perlu penambahan 5 unit,Sekolah SMP dan Sederajat dan SMA dan sederajat tidak perlupenambahan.Fasilitas kesehatan pada tahun 2016 belum memadai, seperti puskesmas pembantu, rumah bersalin dan laboratorium, sedang rumah sakit, praktek dokter, apotik/toko obat dan fasilitas lainnya sudah mencukupi bahkan ada fasilitas kesehatan yang melebihi dari apa yang seharusnya seperti rumah sakit, praktek dokter dan apotik. Fasilitas kesehatan yang perlu ditambah agar dapat pelayan kesehatan masyarakat secara optimalpada tahun 2022 adalah puskesmat sebanyak 1 unit, posyandu sebanyak 14 unit, puskesmas pembantu 15 unit, laboratorium 3 unit, rumah bersalin 3 unit dan balai pengobatan 10 unit.

References

BPS dalam Kecamatan Selong Dalam Angka 2017
Arsyad, Lincolin.1999. Pengantar perencanaan dan pembangunan ekonomi daerah. BPFE Yogyakarta
Djumino, Amin Nurman, dan Erwin Harahap, 2009, Analisis Kelayakan Investasi. Ditinjau dari Aspek Penganggaran Modal pada PT. Masterwood Indonesia,.
Joni Emirson. Alternative Penyelesaian Sengketa di luar Pengadilan. repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/28080/Reference.pdf?
Nazir, Mohammad.1999. Metode Penelitiaan. Jakarta: Erlangga.
Published
2019-03-30
How to Cite
Muhammad Alwi, Ade Paranata, & Putu Karismawan. (2019). Analisis Kebutuhan Sarana Dan prasarana di Kecamatan Selong Sebagai Pusat Pertumbuhan Di Kabupaten Lombok Timur. Journal of Economics and Business, 5(1), 1 - 17. https://doi.org/10.29303/ekonobis.v5i1.25

Most read articles by the same author(s)